PMI KEBUMEN TUTUP EKSTRAKURIKULER PMR DARING

SHARE

Bertempat di Auditorium IAINU Kebumen, sebanyak 176 anggota PMR Tingkat Madya dan Tingkat Wira ikuti pelatihan review materi pertolongan  pertama yang diselenggarakan oleh PMI Kabupaten Kebumen, sabtu (21/11). Kegiatan ini sekaligus penutupan ekstrakurikuler PMR secara daring yang dilaksanakan mulai bulan agustus dan berakhir di bulan November 2021. Pelatihan daring ekstrakurikuler PMR sendiri dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi google meet sebanyak 10 pertemuan dengan materi diantaranya siklus pembinaan palang merah remaja, kepemimpinan, gerakan, pertolongan pertama, kebersihan dan kesehatan, kesehatan remaja, ayo siaga bencana, donor darah, tri bakti PMr dan tanda kecakapan PMR.

Penugasan bagi anggota PMR Madya diantaranya membuat mengerjakan kuis, membuat denah rumah siaga bencana, membuat video pengurangan resiko bencana, sedangkan untuk PMR tingkat wira penugasan berupa pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), membuat presentasi materi, soal online serta video ice breaking.

"Kegiatan yang sangat menyenangankan, karena setelah empat bulan hanya dapat bertatap muka melalui media sosial dan google meet, hari ini dapat berkumpul dan berlatih bersama. Materi Pertolongan Pertama termasuk materi yang baru dan belum pernah kami dapatkan sebelumnya, karena dikelas 8 kami baru mengikuti ekstra PMR, itupun secara daring. Fasilitator-fasilitator kegiatan sangat membantu kami apabila ada kesulitan" ucap Ardha Bening Cantika, anggota PMR Unit SMPN 1 Karangsambung 

"Peserta daring ekstrakurikuler PMR tingkat Madya yang mendaftar sebanyak 210 dan yang memenuhi syarat kelulusan hanya 106 sedangkan untuk tingkat Wira yang mendaftar sebanyak 16 dan yang lulus 103. Kelulusan berdasarkan pengumpulan tugas dan nilai kuisioner minimal 80. Pada hari ini, kami tutup kegiatan dengan praktek pertolongan pertama, dan alhamdulillah peserta sebagian besar bisa hadir" terang Dian Ariyanto,S.T., selaku fasilitator kegiatan.

"Dengan adanya daring esktrakurikuler PMR, diharapkan karakter-karakter mulia yang telah dibangun tidak berkurang dan terus terpupuk pada setiap anggota PMR. Pelatihan ini sekaligus untuk mempererat persahabatan antara PMR tingkat Madya dan PMR tingkat Wira" ujar M.Muslim Mustofa, selaku pengurus bidang PB dan Relawan PMI Kabupaten Kebumen

Dipublish Oleh : Infokom PMI Jateng