PMI Kebumen Kembali Kirim Relawan Ke Lumajang

SHARE

KEBUMEN – PMI Kabupaten Kebumen kembali mengirimkan sejumlah relawannya dan bantuan logistik guna penanganan tanggap bencana Awan Panas Guguran Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur.

Keberangkatan sejumlah relawan dilepas langsung oleh Ketua PMI Kabupaten Kebumen Drs H Sabar Irianto di Halaman Markas PMI, Jalan Arungbinang, Senin (13/12) pagi.

Personel sukarelawan yang dikirim ke Lumajang diantaranya Nadhli Muhammad Nur Syifa (logistik), Rizki Fathur Rohman (logistik), Amanatul Istafiyah (pelayanan kesehatan), Akbar Rosyid (pelayanan kesehatan) dan Siti Mutaliah (pelayanan kesehatan)

Para relawan itu telah tiba di Lumajang pada pukul 21.00 WIB Senin malam dan langsung menuju Pos Lapangan di Desa Penanggal Kecamatan Candipuro untuk menjalankan penugasan pada keesokan harinya. Mereka akan ditugaskan selama tujuh hari sesuai dengan tupoksi masing-masing.

Pengiriman tim kedua ini diharapkan mampu menambah kontribusi tenaga pada penanganan bencana di Lumajang. Pergantian tim kedua ini sekaligus menjemput tim sukarelawan pertama yang telah habis masa tugas kembali ke Markas PMI Kebumen.

Menurut keterangan Sekretaris PMI Kebumen Muhsinun, sepekan Gunung Semeru bererupsi mengeluarkan abu vulkanik hingga kini masih berdampak besar bagi masyarakat sekitar. Terutama wilayah Kabupaten Lumajang.

Bahkan turut mengundang empati berbagai pihak untuk mengirim bantuan tenaga dan paket logistik. Melihat kondisi dan situasi terbaru pascaerupsi, masyarakat yang mengungsi di posko kebencanaan masih terus membutuhkan bantuan baik sandang maupun pangan.

PMI Kebumen pun kembali tergugah mengirimkan sejumlah sukarelawan dan distribusi bantuan berupa beras satu ton, ditambah paket sembako dan bantuan sandang berupa pakaian dalam anak, maupun pakaian dalam dewasa.

Distribusi bantuan logistik yang dikirim ke Lumajang pada tahap kedua tersebut merupakan hasil akumulasi bantuan yang terkumpul di markas PMI dari berbagai pihak. Seperti dari siswa sekolah, komunitas, persatuan organisasi lainnya.

Bantuan dari PMI Kebumen langsung dialokasikan oleh petugas setempat setelah tim tiba lokasi  bencana agar dapat dimanfaatkan untuk masyarakat yang mengungsi. “Bantuan ini kami terima, kami ucapkan terima kasih kepada tim PMI Kebumen dan Insya Allah logistik di posko pengungsian masih aman untuk dua minggu ke depan,”ujar Edi Imam Sujono selaku Koordinator Logistik Posko Lumajang.

Bagi masyarakat Kebumen yang masih ingin berdonasi memberikan bantuan terhadap korban erupsi Gunung Semeru, PMI Kebumen masih membuka rekening donasi bantuan melalui nomor rekening BNI 3818180006an/Donasi Bantuan PMI Kebumen dan BSI 4447788999an/Donasi Kemanusiaan.

Dipublish Oleh : Infokom PMI Jateng