PERINGATAN HUT KE-76 PMI

SHARE

KEBUMEN - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Palang Merah Indonesia (PMI) di Kabupaten Kebumen berlangsung sederhana bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen, Jum'at, (17/9/2021).

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto hadir didampingi ketua PMI Kabupaten Sabar Irianto dan jajaran pengurus PMI dan jajaran Forkompimda

Puncak peringatan ulang tahun ditandai dengan pencanangan Bulan Dana PMI Tahun 2021 yaitu penyerahan replika Kupon Bulan Dana PMI dari Bupati Kebumen kepada panitia pelaksana.

Sebagai dukungan terhadap kerja kemanusian PMI, pada program Bulan Dana itu, Bupati Kebumen turut membantu menyumbangkan 1 mobil miliknya berupa sedan Ferio untuk dilelang, dan hasilnya diperuntukan bagi PMI Kebumen.

"Alhamdulillah untuk PMI Kebumen dalam Bulan Dana ini, saya berikan  1 mobil Honda Ferio untuk dilelang, dan hasilnya bisa digunakan untuk keperluan PMI. Insya Allah menjadi berkah," ujar Bupati yang disambut tepuk tangan meriah oleh para hadirin

Bupati mengapresiasi kinerja PMI Kebumen dalam bidang kemanusian. Bahkan sejak pertama kali Covid-19 ada di Kebumen, pada 14 Maret 2020, PMI kata Bupati, langsung bergerak cepat dengan melakukan sterilisasi tempat-tempat umum dengan penyemprotan disinfektan.

"Saat itu, PMI juga langsung membuka dapur umum untuk para relawan dalam penanganan Covid-19. Siang malam terus bekerja, sampai saat ini, dimana Covid-19 masih belum dinyatakan hilang. Kerja-kerja kemanusian ini patut kita apresiasi," jelas Bupati.

Belum lagi, lanjut Bupati, PMI juga terus berupaya menjaga ketersediaan darah di Kebumen agar selalu tercukupi guna memenuhi kebutuhan pasien yang terus meningkat. Terlebih di tengah pandemi ini, dimana antara  pemasokan dan pengeluaran darah tidak seimbang.

"Apa yang dilakukan PMI adalah door to door untuk mencari pendonor darah. Karena pada saat pandemi ini, para pendonor ini turun, tapi kebutuhan terus meningkat, yang tadinya 60, 70, jadi 100. Nah ini tentu butuh strategi khusus," terang Bupati

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengurus dan relawan PMI di Kabupaten Kebumen yang begitu tangguh, gagah, ikhlas, tulus melaksanakan tugas kemanusiaan ini. Kita tidak mengenal pujian, tidak pencitraan juga tidak ada honor. Itu yang saya banggakan,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua PMI Kebumen Sabar Irianto menambahkan, pihaknya tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Kebumen, tanpa dukungan dan suport dari pemerintah dan semua stakeholder, kerja kemanusian PMI juga tidak bisa maksimal.

"Tugas kita adalah membantu pemerintah di bidang sosial dan kemanusiaan. Dan tugas kita ini sangat kompleks. Ada kecelakaan kita hadir, saat banyak pasien Covid-19 meninggal kita juga hadir membantu melakukan pemulasaraan jenazah, ada bencana alam kita juga hadir," tutur Sabar.

Dipublish Oleh : Infokom PMI Jateng