UDD PMI Banjarnegara Kantongi Perpanjangan Ijin Operasional

SHARE

Banjarnegara -  Unit Donor Darah PMI Kabupaten mengantongi ijin perpanjangan operasional setelah dinyatakan memenuhi syarat yang ditentukan dalam pemeriksaan oleh Team Visitasi yang beranggotakan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan Provinsi Jawa Tengah, PMI Provinsi Jawa Tengah dan Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara.

Ketua Tim Visitasi Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah  Muhammad Natsir mengatakan Pembaruan ijin operasional ini sangat mutlak dan wajib dilakukan sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 83 Tahun 2014 tentang Unit Donor Darah,  Bank Darah dan jejaringnya wajib memenuhi ijin operasional. "visitasi ini akan menjamin dan menjaga mutu, kualitas pelayanan darah agar menjadi obat yang aman untuk pasien yang membutuhkan".  paparnya.

Untuk itu perlu penanganan atau cara pengolahan obat yang benar sesuai dengan aturan dan standarisasi Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2010 tentang pelayanan darah.

Kepala Unit Donor Darah PMI Kabupaten Banjarnegara Agus Budi Susanto mengatakan ada beberapa prasarat atau kriteria yang masuk dalam visitasi pembaruan ijin operasional yang mutlak harus dipenuhi oleh Unit Donor Darah. "banyak hal yang harus dipenuhi seperti persyaratan bangunan,  sarana dan prasarana,  peralatan,  sumber daya manusia,  kemampuan atau manajemen mutu pelayanan dan proses,  nota kerja sama, hingga pengolahan ipal"  paparnya.

Meski masih banyak terdapat kekurangan diberbagai sisi namun pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan dan standaridasi prosedur sesuai dengan apa yang diamanatkan oleh team visitasi agar out come yang dihasilkan akan lebih maksimal sesuai dengan visi UDD PMI Banjarnegara yakni memberikan pelayanan prima dengan produk yang berkualitas.

Sementara itu Ketua PMI Banjarnegara Setiawan berharap,  dengan diraihnya ijin pembaruan operasional ini meski dengan berbagai catatan dan pertimbangan mampu menjadi cambuk dan pelecut semangat dalam bekerja,  melayani dan memberikan servis terbaik untuk masyarakat. "kami berkomitmen untuk terus menjadi lebih baik,  menata sumber daya serta terus melengkapi berbagai fasilitas agar sesuai dengan Aturan dan rambu yang berlaku,  meski diakui harus secara bertahap"  paparnya.

Selain itu,  pihaknya juga berharap kinerja karyawan UDD PMI Banjarnegara akan meningkat seiring diperolehnya ijin pembaruan operasional sehingga Misi PMI untuk profesional,  mandiri,  Berkarakter dan dicintai oleh masyarakat akan terwujud dengan etos kerja yang tinggi,  semangat dan pelayanan prima dalam berbagai sisi,  utamanya adalah penyediaan darah yang aman dan berkualitas bagi yang membutuhkan.  *alw

Dipublish Oleh : Infokom PMI Jateng