Tim Sibat PMI Desa Sirukem ciptakan lingkungan sehat

SHARE

Kalibening - Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) bentukan PMI Banjarnegara di Desa Sirukem,  Kecamatan Kalibening terus bergerak  dan melakukan inovasi serta kegiatan yang berorientasi kepada penciptaan lingkungan bersih dan sehat.

Selain merupakan desa binaan PMI dan tempat dilaksanakannya program WASH (Water Sanitation and Hygiene) yang merupakan program dari Korean Red Cross dalam bidang pengentasan akses sanitasi,  jamban sehat dan pengurangan BAB sembarangan,  berbagai upaya penciptaan lingkungan sehat juga dilakukan dengan berbagai cara.

Komandan Tim Sibat Desa Sirukem Anto Waluyo mengatakan,  Tim Sibat mempunyai program rutin promosi kebersihan diberbagai lapisan dan segmentasi serta program bersih lingkungan, pemberantasan Sarang Nyamuk sebagai upaya penyadaran dan mengajak masyarakat untuk hidup sehat.  "secara rutin kami melakukan bersih desa, pemilahan sampah organik dan anorganik serta pembakaran sampah mengingat didesa kami tidak mempunyai TPA"  ujarnya.

Tanpa ragu seluruh tim terjun ke berbagai sudut jalan,  area desa dan menjaring sampah untuk dilakukan pemilahan dan pembakaran agar tidak menjadi sarang nyamuk.

Kepala Desa Sirukem Rofiq Afifudin mengaku sangat terbantu dengan kegiatan tim Sibat dan berharap eksistensinya terus berjalan sehingga menjadi garda depan penerapan hidup bersih dan sehat. "desa sangat terbantu dengan adanya tim sibat yang dibentuk PMI,  upaya tersebut juga sebagai bagian dari edukasi masyarakat akan penting kesehatan lingkungan, mencegah penyakit dan mitigasi bencana alam"  paparnya.

Pihaknya mendukung penuh kegiatan positif tersebut dan berharap generasi muda dapat mengikuti jejak langkah dalam upaya menjaga dan mencintai desanya.

Ketua PMI Kabupaten Banjarnegara Setiawan Mengapresiasi segala upaya,  gerak langkah,  inovasi dan kegiatan apapun yang dilakukan Relawan dan Tim Sibat dalam upaya membangun desa,  menciptakan iklim positif dalam upaya penyadaran dan mitigasi bencana alam. "terima kasih atas peran serta seluruh anggota Tim Sibat yang tak kenal lelah membantu, menolong sesama, memberikan tenaga, pikiran dan usahanya sebagai bagian dari kegiatan kemanusiaan" ujarnya.

Langkah kecil tersebut semoga menjadikan aktifitas rutin yang terus dilakukan untuk membantu pemerintah dalam mengatasi permasalahan sosial dan upaya mitigasi bencana alam. **alw

Dipublish Oleh : Infokom PMI Jateng