Sukarelawan bangun jamban Sehat

SHARE

Pagedongan -  Minimnya akses jamban sehat di lingkungan tempat pengungsian Warga terdampak pergerakan tanah Kalientok, Kebutuhjurang, Pagedongan membuat sukarelawan bergerak cepat untuk menangani permasalahan tersebut.

Koordinator Team WASH (Water Sanitation and Hygiene)  PMI Banjarnegara Ilham Febby mengatakan kondisi akses dan sarana air bersih yang minim serta ketersediaan jamban sehat yang kurang dilokasi pengungsian Kalientok, Kebutuhjurang, Pagedongan mengakibatkan pengungsi merasa tidak nyaman dan banyak diantara mereka mengeluh karena susah untuk BAB. "kami bersama elemen terkait seperti BPBD, Dinsos dan pemerintah desa berupaya memberikan pelayanan untuk warga dengan mendirikan 2 unit jamban sehat dilokasi pengungsian" paparnya.

Kegiatan pengadaan dan pembangunan dua (2) akses jamban sehat dilakukan secara swadaya dimana seluruh bahan dan alat disokong oleh beberapa elemen terkait.

Untuk Rangka baja jamban seluruhnya dan sket gambar serta desain dan pemasangan dilakukan oleh PMI,  sementara kalsibot, seng dan closet oleh BPBD,  Dinsos berperan memberikan torn,  sementara pemerintah desa memberikan pemipaan dan pompa air.

"gambar kami buat detail dan rinci seperti yang kami bangun di Lombok dan donggala dengan mempertimbangkan segala aspek lingkungan dan keamanan" tambah ilham saat ditemui di lokasi pemasangan jambam sehat.Kades Kebutuhjurang Sujarwo berharap dengan adanya jamban sehat tersebut diharapkan mampu memberikan kenyamanan dan keamanan bagi warga khususnya pengungsi yang tinggal secara komunal di tempat pengungsian. "Sinergitas ini sangat berharga dan kami berterima kasih sekali kepada semua pihak yang terus membantu dalam berbagi hal utamanya dalam penanganan bencana di desanya"  ucapnya.

Dipublish Oleh : Infokom PMI Jateng