Stock Darah di Banjarnegara selama Ramadhan aman

SHARE

Banjarnegara - Stok darah di Kabupaten Banjarnegara dipastikan aman selama bulan Ramadhan 2019 , hal tersebut disampaikan oleh Kepala Unit Donor Darah PMI Kabupaten Banjarnegara, dr. Agus Budi Susanto.

"Alhamdulillah stok darah aman terkendali selama Ramadhan, ini semua berkat kerja keras semua pihak," katanya

Dia menambahkan, pihaknya terus melakukan pemantauan terhadap persediaan darah di Kabupaten Banjarnegara.

Agus juga menambahkan bahwa sejak awal Ramadhan hingga saat ini permintaan darah di wilayah setempat masih stabil, belum ada lonjakan permintaan.

"Permintaan hingga saat ini masih stabil, belum ada peningkatan permintaan dari masyarakat yang membutuhkan. Demikian juga permintaan trombosit, belum ada peningkatan permintaan," katanya.

Permintaan trombosit, tambah dia, biasanya bergantung terhadap ada atau tidaknya kasus yang membutuhkan trombosit.

Selama bulan Ramadhan, pihaknya tetap melayani masyarakat seperti biasa.

Selain itu, dia juga menambahkan bahwa sejak awal Ramadhan hingga saat ini pihaknya belum menemukan adanya kesulitan berarti.

"Belum ada kesulitan berarti semuanya berjalan dengan baik dan lancar, masyarakat tidak perlu khawatir karena persediaan darah di Kabupaten Banjarnegara mencukupi hingga saat ini," katanya.

Pihaknya juga berharap persediaan darah di Kabupaten Banjarnegara akan aman hingga hari raya Lebaran 2018 mendatang.

"Kami berharap persediaan selalu aman hingga hari raya Idul Fitri 2018 mendatang, dan kami selalu mengupayakan yang terbaik bagi masyarakat Banjarnegara," katanya.

Berbagai upaya terus dilakukan untui mencukupi stock darah diantaranya melakukan kegiatan donor darah pada malam hari diberbagai wilayah serta mengoptimalkan Mobil Unit donor darah pada kelompok non muslim yang banyak memberikan peran pada siang hari selama bulan suci Ramadhan.

Ketua PMI Kabupaten Banjarnegara Setiawan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak dan lapisan masyarakat yang terus membantu dengan sukarela mendonorkan darahnya selama bulan puasa. "insyaalloh aman jika berdonor pada bulan puasa,  sepanjang memenuhi koridor dan ketentuan tenik seperti jangan lupa beri asupan bergizi dan cairan yang cukup saat sahur dan berbuka"  ujarnya.**alw

Dipublish Oleh : Infokom PMI Jateng