SMPN 2 Karanggayam perkuat kesiapsiagaan bencana

SHARE

Suasana kegembiraan dan ceria terpancar dari 30 wajah peserta pelantikan calon asisten pembina SMP Negeri 2 Karanggayam Kebumen yang sedang bermain kuis siaga bencana di lapangan olahraga. Peserta dibagi menjadi empat kelompok dengan diberikan kartu soal dan jawaban. Setiap kelompok mendapatkan jatah permen sebanyak 10 buah yang akan dijadikan taruhan, kelompok terakhir yang mendapat permen paling banyak yang menjadi pemenang .

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari sabtu-minggu (24-25/8) menitikberatkan kepada kesiapsiagaan kebencanaan, hal ini dikarenakan wilayah SMP Negeri 2 Karanggayam yang dikelilingi perbukitan serta aliran sungai, yang  berakibat adanya ancaman, kerentanan serta resiko bencana dengan arahan fasilitator Dian Ariyanto dan Dewi Anggraeni dari PMI Kabupaten Kebumen.

Pasang bongkar tenda, pertolongan pertama, dapur darurat menjadi materi pendukung siaga bencana. Pada materi siaga bencana, peserta dikenalkan dengan pengertian bahaya/hazard, kerentanan/vurnerability, resiko/risk, kapasitas/capasiti serta macam-macam bencana/disaster serta membuat peta kesiapsiagaan bencana.

“Kegiatan pelantikan asisten pembina ini ditujukan untuk review tujuh materi pokok kepalangmerahan dengan penekana kepada siaga bencana, selain itu juga untuk mempersiapkan asisten pembina untuk membantu tugas pembina dalam pendidikan dan pelatihan PMR” terang Suci Haryani,S.Pd selaku Pembina PMR sekaligus kegiatan.

“kegiatan yang sangat menyenangkan, karena hampir semua materi disampaikan dengan jelas oleh fasilitator dan sebagian besar langsung praktek lapangan” terang Eka Fitriani salah satu calon asisten pembina.

Suhadi,S.Pd. menyambut baik adanya kegiatan ini dan berharap semoga calon asisten pembina yang dilantik dapat memberikan contoh yang baik bagi seluruh siswa dalam perilaku hidup sehat dan sekaligus sebagai tim pengurangan resiko bencana di SMPN 2 Karanggayam. (Dian).

 

 

Dipublish Oleh : Infokom PMI Jateng