Respon Banjir, PMI terjunkan Relawan

SHARE

Tegal - Hujan deras yang melanda Wilayah Kabupaten Tegal Provinsi Jawa Tengah, sejak Selasa (7/1)) sore hingga malam, mengakibatkan banjir. Peristiwa banjir terjadi di Desa Tembok Banjaran Kec. Adiwerna, Desa Sidaharja Kecamatan Warureja, Desa Plumbungan dan Kemuning Kecamatan Kramat.
Adapun banjir menyebabkan beberapa rumah warga, fasilitas umum dan lahan pertanian terendam air dan lumpur. Dengan adanya dampak  yang terjadi, PMI Kabupaten Tegal  langsung menerjunkan Tim Satuan Penanggulangan Bencana (SATGANA) dan Relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) bergerak melakukan respon.

Ketua PMI Kabupaten Tegal, Iman Sisworo melalui Kepala Markas Sunarto, menyebutkan bahwa tim di lapangan bersam Tim Gabungan telah lakukan berbagai respon sejak Selasa (7/1)) sore hingga hingga saat ini. Di antaranya evakuasi warga yang terdampak dan pelayanan kesehatan.

“Kami melakukan giat evakuasi, pertolongan pertama korban luka, dan pagi ini Tim Satgana akan melakukan bersih bekas material banjir di rumah-rumah warga dan pelayanan air bersih dengan kegiatan distribusi air bersih. Rencananya, hingga beberapa hari kedepan, layanan-layanan tersebut masih diadakan bila diperlukan,” ungkap Sunarto.

Lebih jauh Sunarto menjelaskan, hujan deras yang melanda beberapa Desa di Wilayah Kabupaten Tegal, sejak Selasa (7/1)) sore hingga malam, mengakibatkan banjir disertai lumpur. Banjir disebabkan karena aliran sungai yang meluap karena debit air hujan yang tinggi. Ketinggian air 50 cm hingga 1 meter. Lebih dari 700 rumah terdampak banjir.

"Desa Tembok Banjaran air mulai surut pada pukul 09.30, sementara di Desa Sidaharja, Plumbungan dan Kemuning mulai surut pada pukul 04.00 tapi dibeberapa titik masih tergenang air ," Pungkasnya.

Dipublish Oleh : Infokom PMI Jateng