Resik-resik Keraton Solo, PMI Kerahkan 150 Relawan

SHARE

Palang Merah Indonesia (PMI) Se Karesidenan Surakarta, Jumat (29/3/2019) bergotong-royong membersihkan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Bersih-bersih tersebut untuk mempersiapkan acara Tingalan Jumenengan ke-15 Raja Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Sampeyandalem Ingkang Sinuhun Kanjeng Susuhunan Pakubuwono XIII, pada Senin (1/4/2019) pagi.
.
Acara bersih-bersih diawali dengan pertunjukan Tari Gugur Gunung. Dilanjutkan apel yang dipimpin Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Selanjutnya penyematan ikat kepala dan sapu oleh Gubernur kepada perwakilan peserta sebagai tanda simbolis memulai kegiatan bersih-bersih.


Kepala markas PMI Solo, Tri Wuryanto, mengatakan bahwa hari ini dengan penuh semangat kami bersihkan keraton dengan sebersih mungkin. Sudah kami bagi menjadi 9 tim kecil diantaranya masing-masing tim 10 personil yang nantinya akan ada yang bertugas menyapu, mengepel, mengumpulkan sampah, dan membersihkan rumput.
.
CEO PMI Solo, Sumartono Hadinoto, memyampaikan bahwa kegiatan ini kami mengirimkan 86 relawan, diantaranya dari SIBAT (Siaga Bencana Berbasis Masyarakat), Korps Sukarela, Mahasiswa AKBARA (Akademi Teknologi Bank Darah Surakarta), dan staff PMI Kota Surakarta. Peserta dibagi menjadi enam kelompok dan pmi solo berada di kelompok 3 untuk membersihkan talang-talang air pada bangunan Keraton, kamar mandi, ruangan nyonya, pendopo, taman, bangsal, dan beberapa ruangan lainya.
.

Imam Triyanto, Ketua PMI Provinsi Jawa Tengah menambahkan dalam kegiatan ini selain PMI Solo juga turut serta PMI Provinsi dan PMI Kabupaten/Kota yang berada di sekitar Solo Raya diantaranya PMI Klaten, PMI Karanganyar, PMI Boyolali, PMI Sragen, PMI Wonogiri, dan PMI Sukoharjo.


Pengageng Parentah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, KGPH Dipo Kusumo, menyatakan keluarga Keraton Solo mengucapkan terima kasih karena pada 1 April 2019 nanti ada acara Tingalan Jumenengan atau upacara peringatan penobatan Raja. Persiapan sudah dilakukan mencakup latihan tari Bedoyo Ketawang.
.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, mengatakan semangat gotong royong yang luar biasa ditunjukkan tidak hanya dari Keraton tapi juga dari Jawa Tengah dan dari Indonesia. Pemprov Jawa Tengah dan Pemkot Kota Solo mendukung penuh agar Keraton Solo menjadi sesuatu yang semuanya ikut bertanggung jawab di dalamnya.
.
"Kegiatan ini bagian dari upaya mewujudkan lingkungan kawasan Keraton Solo yang bersih. Kita harapkan kinclong setelah ini, dan kinclong nya itu tidak hanya lahir tapi batin juga," ujar Ganjar.

Dipublish Oleh : Infokom PMI Jateng