PMR wadah pengembangan kapasitas Generasi Muda

SHARE

Palang Merah Remaja (PMR) menjadi salah satu sarana untuk mengembangkan minat pelajar dalam bidang kesehatan, pendidikan karakter serta agen siaga bencana di sekolah.  Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Banjarnegara H. Syamsudin, S.Pd., M. Pd. saat membuka kegiatan Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) PMR Madya se Kabupaten Banjarnegara Jumat, (18/10) bertempat di Lapangan Desa Situwangi, Kecamatan Rakit, Kabupaten Banjarnegara.

Dalam sambutannya Syamsudin mengatakan, kegiatan Jumbara merupakan ajang pertemuan relawan muda,  sarana dan wadah dalam pengembangan kemampuan dan bakat  serta minat generasi muda yang perlu disambut baik oleh kalangan pendidik yang harus kita dukung secara total. 

“Kita patut bersyukur ada wadah untuk menampung minat pelajar di Banjarnegara dalam bidang kesehatan,  pengembangan kapasitas diri dan sosial kemanusiaan, maka sudah barang tentu bapak/ibu guru selaku pembina patut mendukung secara penuh atas suksesnya pelaksanaan Jumbara ini,” ujarnya.

Ketua panitia kegiatan Agus Sutanto berharap, terselenggaranya Jumbara PMR Wira dapat menjadi momentum untuk melakukan evaluasi penyelenggaraan latihan PMR di tingkat sekolah.

“Jumbara ini diselenggarakan dengan maksud untuk mengevaluasi latihan PMR di sekolah, jadi memang ada kompetisi untuk itu, supaya nanti muncul perbaikan ke depannya. “Kami berharap, inikan ada 56 sekolah yang berpartisipasi, mereka nanti bisa saling bertukar pengalaman penyelenggaraan latihan PMR di sekolah,” terangnya.

Dalam Jumbara tahun ini dilaksanakan beberapa kegiatan diantaranya evaluasi pertolongan pertama, evaluasi perawatan keluarga, evaluasi kesehatan remaja, penyuluhan siaga bencana. Adapun di samping kegiatan di atas terdapat kegiatan pembuatan poster donor darah, pembuatan vlog, dan hasta karya pemanfaatan barang bekas,  serta kegiatan bakti masyarakat, kegotong royongan dan anjang sana antar kontingen yang diharapkan menjadi sarana untuk lebih mengakrabkan antar sesama peserta.

Dipublish Oleh : Kontributor