PMR BENTUK JIWA TANGGUH

SHARE

Era digital yang berkembang pesat saat ini telah membawa berbagai dampak, salah satunya kurangnya rasa empathy dan jiwa menolong orang lain, khususnya pada generasi muda. Banyak remaja yang menghabiskan waktunya dengan gawai elektroniknya yang mengakibatkan kurangnya interaksi secara langsung dengan orang lain. Palang Merah Remaja, sebagai salah satu alternatif kegiatan remaja untuk membentuk karakter mulia, dipandang perlu untuk melakukan kegiatan yang membuat generasi muda untuk menjadi jiwa yang tangguh dan berkarakter mulia.

Hal tersebut diterapkan pada kegiatan pengukuhan 78 calon anggota PMR tingkat Madya Unit SMPN 1 Karangsambung. Kegiatan yang dilaksanakan pada sabtu-minggu(31/8, 1/9) di SMPN 1 Karangsambung dan hutan kaligending, menggunakan sistem fun learning dan learning by doing, menjadikan peserta semakin antusias mengikuti kegiatan.

Materi kegiatan seperti outbond, kepemimpinan, dinamika kelompok, wahana kepalangmerahan, problem solving, bina mental, dapur umum dan  mountainering disampaikan dengan mengutamakan kerjasama tim. kegiatan yang menghadirkan M.Muslim Mustofa dan Dewi Anggraeni fasilitator PMI Kabupaten Kebumen menjadikan semakin semarak dengan berbagai ice breaking disetiap penyampaian materi.

“baru kali ini saya mengikuti kegiatan yang menyenangkan tapi juga menakutkan. Menyenangkan karena kegiatannya penuh dengan permainan sambil belajar,  saya jadi lebih dekat dengan teman dan menakutkan karena harus jalan sendiri mengambil slayer di makam” ucap Irba Jazeti, salah satu peserta pengukuhan

“Kegiatan dilakukan di alam terbuka dan kerjasama tim sangat menentukan keberhasilan kelopok dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh fasilitator. Diharapkan dengan berbagai materi yang diberikan, akan membentuk anggota PMR yang tangguh” terang Septi Tri Rahayu selaku pembina.

Dra.Hj.Siti Makmuroh selaku kepala sekolah mengapresiasi setingi-tingginya setiap kegiatan yang semakin menguatkan karakter mulia pada peserta didik SMPN 1 Karangsambung, seperti kegiatan yang dilaksanakan oleh PMR.(Dian Ariyanto)

 

Dipublish Oleh : Infokom PMI Jateng