header-int

PMI Gelar Konferensi PMR

Rabu, 18 Okt 2017, 08:06:08 WIB - 34 View
Share
PMI Gelar Konferensi PMR

Dalam rangka pemberdayaan peran anggota pmr dalam meningkatkan kualitas pembinaan dan pengembangan yang berkarakter dan berkelanjutan,PMI Kabupaten Tegal menggelar Konferensi Palang Merah Remaja (PMR) di Gedung PMI Kabupaten Tegal. Kegiatan berlangsung  selama dua hari tanggal 14-15 Oktober dan diikuti 75 orang delegasi PMR Unit  Wira se Kabupaten Tegal.
Kegiatan yang dikemas selama dua hari itu bertemakan “Berkarakter, Kompeten dan Profesional”, dibuka secara resmi oleh Ketua PMI Kabupaten Tegal, Iman Sisworo.
“Pembinaan generasi muda menjadi salah satu program kerja utama PMI Kabupaten Tegal yang secara berkala dan berkelanjutan terus dikembangkan, dan juga menampung motivasi, idealisme, pengalaman, serta ketrampilan remaja guna mendukung kemajuan PMI  di Kabupaten Tegal”cetus Iman Sisworo usai membuka konferensi PMR, sabtu (13/10).
Ketua Panitia Penyelenggara, Thamalia Haristiani menjelaskan, secara khusus tujuan konferensi adalah diharapkan dapat menumbuh kembangkan karakter positif berjiwakan kepalang-merahan pada anggota PMR dan remaja, mendorong mewujudkan tanggung jawab sosial melalui penerapan Tri Bhakti PMR, serta mengorganisasikan jejaring PMR PMI Kabupaten Tegal dalam wadah Forpis yang aktif, cerdas dan responsif.
“Menumbuhkan kembangkan nilai-nilai jiwa kepalangmerahan yang berkarakter kiranya dapat direalisaikan baik di lingkungan teman sebaya di sekolah maupun di masyarakat dengan pedoman tri bakti PMR,”jelasnya.
Lebih lanjut diiuraikan Thamalia, proses kegiatan konferensi diantaranya adalah pertangjawaban Forum Remaja Palang Merah Indonesia  (Forpis)  periode 2016/2017, pembekalan peserta konferensi pengetahuan tentang pendidikan karakter, seperti Youth as agen of bihavior change (YABC), inklusi disabilitas,  penciptaan sekolah aman dan membuat desain Project agen perubahan,  Pemilihan Koordinator Forpis periode 2017/2018 dan peserta dapat menyusun program kerja berkelanjutan.
“Hasil konferensi berupa program kerja diharapkan dapat dikembangkan dan dilaksanakan di sekolah unit PMR, para peserta konferensi diharapkan menjadi agen / penyampai informasi bagi anggota PMR lain di sekolah masing-masing serta para peserta konferensi akan menjadi tim inti forpis Kabupaten Tegal tahun 2017-2018,”ungkapnya.

*_Pemilihan Koordinator Forpis_*

Disela-sela kegatan konferensi PMR tahun 2017 diagendakan acara pemilihan koordinator Forpsis baru untuk periode 2017-2018.
Koordinator Pemilhan, Abdi Friasandi Kurniawan mengungkapkan, secara teknis kegiatan pemilihan koordinator forpis dilakukan dua tahap. Tahap pertama adalah penjaringan enam besar calon Koordinator dan penjaringan tiga besar calon koordinator dengan kegiatan berupa debat kandidat dan penyampaian visi dan misi kandidat.
“Berdasarkan pemilihan yang dilakukan secara demokratis, berhasil terpilih Gravillian Megarivera Liset  dari SMA Negeri  1 Slawi dengan memperoleh  32 suara. Sehingga Gravillian akan menjadi koordinator Forpis PMI Kabupaten Tegal periode 2017/2018 menggantikan Teguh Salehudin dari SMK Negeri 1 Adiwerna,”pungkasnya

Unidha PMI Provinsi Jawa Tengah | Jl. Arum Sari Rt. 11 Rw. 02 Sambiroto-Semarang Kode Pos 50276 | Telp. 024-76746733 Fax. 024-50276 | Email : pmi@pmi-jateng.or.id | jawa_tengah@pmi.or.id
© 2017 PMI Jawa Tengah