PMI Gandeng Apoteker gelar pengobatan gratis

SHARE

Susukan -  Palang Merah Indonesia (PMI)  Kabupaten Banjarnegara bersama Ikatan Apoteker Indonesia Pengurus Cabang Banjarnegara menggelar kegiatan pengobatan gratis dan sosialisasi serta promosi kesehatan bagi warga Desa Gumelem Wetan Kecamatan Susukan,  Kemarin (20/4).

Humas PMI Banjarnegara M. Alwan Rifai mengatakan,  Kegiatan bakti sosial pengobatan Gratis tersebut dilakukan sebagai upaya melayani masyarakat dalam pemenuhan akses hidup dasar berupa kesehatan terutama bagi masyarakat yang kurang mampu. "Kami menggandeng kawan kawan Ikatan Apoteker Indonesia Cabang Banjarnegara sebagai partner dan rekan kerja dalam kegiatan ini,  karena mereka juga memiliki tujuan yang sama terhadap pemenuhan kesehatan masyarakat"  paparnya.

Selain itu,  pihaknya juga menggandeng mahasiswa KKN dari IAIN Purwokerto yang berperan sebagai pengendali lapangan sekaligus sosialisator ditengah masyarakat karena mereka sedang melaksanakan KKN di wilayah tersebut.

Ketua Ikatan Apoteker Indonesia Pengurus Cabang Banjarnegara Heny Setyo Tus Istanto mengatakan, kolaborasi kegiatan bersama PMI sering dilakukan sebagai wujud pelayanan kepada masyarakat sekaligus membantu program pemerintah dalam bidang kesehatan dan sosial lainya. "dalam kegiatan ini kami membakcup obat obatan lengkap dengan apoteker dan tenaga promosi kesehatan,  sementara PMI menyediakan dokter,  tenaga medis dan bidan"  paparnya.

Pihaknya menambahkan,  kegiatan serupa akan terus dilakukan bersama PMI dibeberapa tempat sasaran dimana masyarakat sangat membutuhkan layanan kesehatan.

Sementara itu Kepala Desa Gumelem Wetan Suwardjo mengaku sangat berterima kasih kepada PMI,  IAI dan semua pihak yang telah berkenan membantu masyarakat dalam kegiatan pengobatan ini. "kami sangat terbantu dengan kegiatan ini,  terlebih karena faktor jarak serta akses yang jauh dari pusat layanan kesehatan membuat masyarakat kadang enggan untuk berobat jika sakit"  ujarnya.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di dusun 3 dan 4 ini,  sedikitnya 200 warga dari berbagai usia memeriksakan kesehatanya. Sebagian dari mereka mengeluh pusing, gatal gatal, batuk,  pegal linu, kolesterol,  hipertensi,  bahkan ditemukan juga beberapa warga menderita penyakit katarak. **alw

Dipublish Oleh : Infokom PMI Jateng