PENGIMBASAN FASILITATOR DI SMP NEGERI 1 AMBAL

SHARE

Adanya wabah korona sudah menyebabkan banyak perubahan di berbagai sisi kehidupan, termasuk pendidikan.  Dalam dunia pendidikan pembelajarannya dilaksanakan dengan menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh atau daring, demikian juga SMP Negeri 1 Ambal.  Adapun kegiatan ekstrakurikulernya hingga saat ini masih terus melakukan terobosan-terobosan untuk peningkatan pengetahuan dan ketrampilan para pesertanya. 

PMR Madya SMP Negeri 1 Ambal baru-baru ini menjadi salah satu target pengimbasan fasilitasi PMR Sekolah oleh Fasilitator PMI Kabupaten Kebumen.  Kegiatan pengimbasan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 12 Oktober 2021 oleh PMI Kabupaten Kebumen dalam rangka tindak lanjut dari hasil pelatihan fasilitator PMR Program Kesiapsiagaan Tanggap Darurat Bencana Berbasis Masyarakat dan Sekolah dukungan dari Japanese Red Cross Society (JRCS) untuk PMI Kabupaten Kebumen. 

Pihak sekolah menyambut baik kegiatan kepalangmerahan seperti ini. Kepala SMP Negeri 1 Ambal Murilah menyampaikan harapannya agar peserta didik yang menjadi asisten pembina yang berkesempatan mengikuti kegiatan pengimbasan ini bisa mengikuti dengan baik dan dapat menyerap ilmu yang disampaikan serta dapat menularkan kepada anggota PMR yang lain dan mengamalkan ilmunya untuk menolong sesama.

“Seraplah ilmu yang disampaikan oleh fasilitator dan tularkan kepada anggota PMR yang lain dan amalkan ilmunya untuk bisa menolong sesama” kata Murilah didampingi Ragil Sunaryo yang menjadi Pembina PMR pada pembukaan kegiatan.

Pelaksanaan Pengimbasan fasilitasi PMR dengan menerapkan protokol kesehatan.  Sebelum masuk ke lingkungan sekolah peserta dicek suhunya, mencuci tangan dengan sabun serta selalu memakai masker kesehatan.  Kegiatan ini berlangsung dari pukul 08.00-15.00 WIB bertempat di lab. IPA dengan didampingi 2 orang fasilitator PMI Kabupaten Kebumen Septo Dwiyanto dan Dwi Rizkawati.  Karena masih dalam situasi pandemi maka jumlah peserta yang mengikuti juga dibatasi yaitu  hanya 15 asisten pembina baik kelas VIII maupun kelas IX.  Asisten Pembina.

Materi yang disampaikan dalam kegiatan fasilitasi PMR adalah tujuh materi pokok kepalangmerahan PMR madya yang meliputi: Gerakan, Pertolongan Pertama (PP), Kepemimpinan, Donor Darah, Remaja Sehat Peduli Sesama, Kesehatan Remaja dan Kesiapsiagaan Bencana.  

Peserta mengikuti kegiatan pengimbasan dengan sangat antusias dalam mengikuti  setiap materi yang disampaikan fasilitator baik teori maupun praktek. 

“Senang sekali setelah 1,5 tahun tidak ada kegiatan seperti ini dan kita dapat ikut kegiatan ini jadi tambah ilmu tentunta” ujar Nabila dari kelas VIII C. 

Kami menginginkan ada kegiatan yang serupa dengan peserta yang lebih banyak dan materi yang lebih mendalam, semoga saja jika pembelajaran tatap muka sudah dapat dilaksanakan secara normal tambah Nabila

Kegiatan fasilitasi diakhiri dengan praktek mencuci tangan yang benar serta praktek pembalutan

Dipublish Oleh : Infokom PMI Jateng