header-int

Meriah, Lomba Promosi Kesehatan

Senin, 05 Sep 2016, 09:44:44 WIB - 391 View
Share
Meriah, Lomba Promosi Kesehatan

KARANGKOBAR – Berbagai cara dilakukan oleh PMI Kabupaten Banjarnegara sebagai wujud aplikasi penerapan program Water Sanitation and Hygiene Promotion yang merupakan Program Donasi dari Corean Red Cross Chapter Incehon. Salah satunya yakni dengan menggelar kegiatan Jalan Santai peduli kebersihan dan Lomba Promosi kebersihan.

Kegiatan yang digelar didesa Purwodadi kecamatan Karangkobar tersebut selain untuk memeriahkan Kemerdekaan RI ke 71 sekaligus sebagai wujud kepeduluan masyarakat terhadap kebersihan dan sanitasi lingkungan. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh warga dan tokoh masyarakat yang dipimpin langsung oleh Kepala Desa. Dalam sambutannya Kepala Desa Purwodadi Agus Nurwanto mengatakan, lewat kegiatan tersebut diharapkan menjadi pemicu timbulnya kebiasaan hidup bersih dan sehat yang berawal dari kesadaran diri sendiri.”kita mengambil tema desaku bersih jiwaku sehat, yang diharapkan masyarakat mampu mengambil nilai positif dalam seluruh rangkaian kegiatan ini” paparnya. Selain jalan sehat dan lomba Promosi kesehatan, digelar juga beberapa kegiatan seperti lomba kerajinan dari bahan daur ulang, lomba rumah sehat, serta lomba 4K.

Ketua Panitia Kegiatan Yudiono mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kerjasama PMI Banjarnegara dengan Dinas Kesehatan, KKN Posdaya Unsoed serta Remaja Karang Taruna. “ hal yang unik dalam rangkaian kegiatan ini adalah seluruh warga dapat menukarkan kupon doorprize dengan satu kontong sampah yang dipungut disepanjang rute jalan sehat” ujarnya. Dengan menyasar peserta lomba yang beraneka ragam usia dan lapisan, diharapkan program promosi kesehatan tersebut akan berjalan dengan baik dan seiring sejalan sesuai rencana tahapan akhir yakni target 1500 kepala keluarga terentaskan untuk masalah kebersihan, akses sanitasi, air bersih dan jamban sehat.

Unik dan menarik

Lewat tampilan yang unik yang menarik yang mengandung pesan moral dan menjurus kepada penyadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan lingkungan, beragam peserta menampilkan promosi tampilan seperti poster, lawak, ketoprak, orasi, drama, serta atraksi lainnya yang tak pelak mengundang gelak tawa penonton.

Ketua PMI Kabupaten Banjarnegara Setiawan berharap selain memberikan hiburan yang menarik dan mendidik kepada masyarakat, secara tidak langsung mampu mengajak dirinya sendiri dan mengedukasi masyarakat sekitar. “lewat cakupan yang lebih luas dengan mengajak seluruh element masyarakat diharapkan program kita dapat tepat sasaran dan diterima dengan baik oleh warga”ujarnya.

Sebagai reward dan hadiah atas prestasi juara dalam setiap lomba panitia menyediakan hadiah dan doorprize yang unik dan nyeleneh seperti angkong, sekop, cangkul, pemotong rumput, cetok, dan hygiene kit dll. Hal tersebut diharapkan lebih bermanfaat dalam menunjang program WASH yang sedang berjalan di desa Purwodadi. **Alwan

Unidha PMI Provinsi Jawa Tengah | Jl. Arum Sari Rt. 11 Rw. 02 Sambiroto-Semarang Kode Pos 50276 | Telp. 024-76746733 Fax. 024-50276 | Email : pmi@pmi-jateng.or.id | jawa_tengah@pmi.or.id
© 2018 PMI Jawa Tengah