Lantik PMR, Surachman Ingatkan Mou PMI Dengan Mendikbud

SHARE

Semarang - Pendidikan di Indonesia dengan kuat mengusung misi pendidikan karakter, namun demikian karakter yang dimaksud masih bersifat umum. Yakni membentuk manusia yang berakhlak alkarimah. Mempertegas maksud tersebut, Palang Merah Indonesia memperkuat pembangunan karakter peserta didik dengan humanisme.

Sekretaris PMI Kota Semarang, H. Surachman, S.Ip seusai melantik 90 orang pengurus baru Palang Merah Remaja (PMR) Mula SDN Petompon 2 mengingatkan MoU antara PMI dengan Mendikbud. "PMI telah menandatangani kerjasama dengan Mendikbud, yang saat itu dijabat oleh Anis Baswedan," kata Surachman, Sabtu (23/3/2019) pagi.

Menurutnya, dengan adanya kerja sama tersebut sekolah bisa memanfaatkan materi bahan ajar PMI dan penguatan karakter siswa, yakni kemanusiaan. "Ada banyak materi yang bermanfaat bagi siswa, mulai dari kesehatan, kebersihan, sampai dengan kepedulian terhadap diri dan lingkungan. Materi-materi tersebut sangat tepat diterapkan sejak dini pada anak agar mengerti makna dari kemanusiaan," ujarnya.

Lebih lanjut Surachman mengingatkan mekanisme dalam nota kesepakatan bersama tersebut dalam pembinaannya. "Beberapa poin tersebut juga memuat tentang beban yang mesti ditanggung oleh masing-masing pihak. Jadi, kami (PMI Kota Semarang) merasa sangat berterima kasih kepada SDN Petompon - 2 yang melanjutkan kerja sama tersebut agar mekanisme kerja samanya menjadi lebih jelas," terangnya.

Acara yang digelar di Aula SDN Petompon 2, Jalan Kelud Raya No. 5 Kota Semarang diharapkan menjadikan perhatian tersendiri, diantaranya adanya peningkatan kompetensi guru yang ditunjuk sebagai pembina PMR.

"Kami berharap dengan adanya kerja sama ini ditindak lanjuti dengan pembinaan pada guru yang diamanahi sebagai pembina. Jadi, guru tersebut harus bisa mengikuti kegiatan atau pelatihan yang diadakan oleh PMI. Ini agar berkesinambungan hasilnya," tuturnya.

Sementara Kepala SDN 2 Petompon, Purwiyati, SPd memberikan semangat pada para siswa dalam membantu sesama. Dia juga menegaskan tentang penting materi yang telah diterima selama pelatihan sehingga latihan dapat ditingkatkan dengan latihan rutin. (*)

Dipublish Oleh : Infokom PMI Jateng