Kondisi psikologis pengungsi masih stabil

SHARE

Banjarnegara -  Hingga saat ini kondisi psikologis pengungsi pergerakan tanah Dusun Kalientok, Desa Kebutuhjurang, Kecamatan Pagedongan dikategorikan masih stabil atau normal.

Hal tersebut terdeteksi setelah team Relawan PMI Kabupaten Banjarnegara melakukan Asessment Psikologis kondisi seluruh pengungsi yang tinggal di 16 titik lokasi pengungsian.

Koordinator Team Asessment Psikologis PMI Banjarnegara Kiqi Sucisetyaningsih mengatakan mayoritas kondisi pengungsi dalam keadaan baik, beberapa diantara mereka mengeluh gelisah dan susah tidur. "ini dikarenakan karena tempat pengungsian yang komunal dan aktifitas hingga larut malam,  serta masih banyak yang memikirikan tempat tinggalnya" paparnya.

Banyak diantara pengungsi yang mulai terserang beberapa penyakit seperti batuk,  pilek, gatal, pegal pegal dan alergi.  Kondisi tersebut kemungkinan dikarenakan mobilitas dan tempat pengungsian yang kurang sehat didukung oleh cuaca yang tidak bersahabat.

Sementara itu Korlap PMI Banjarnegara Ismail mengatakan hingga minggu sore ini total rumah yang telah dibongkar oleh relawan gabungan mencapai 8 rumah. "pembongkaran dilakukan karena kondisi rumah yang sudah tak layak huni serta berbahaya karena tergerus pergerakan tanah"  paparnya.

Pembongkaran dilakukan setelah adanya kesepakatan dengan kepala desa dan dikomunikasikan dalam rapat koordinasi penanganan bencana tanah gerak.

Dalam kegiatan pembongkaran tersebut PMI Banjarnegara juga menerjukan tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat)  gabungan dari beberapa desa yang bersama sama dan bahu membahu bersinergi membantu proses penanganan pembongkaran rumah,  Dapur Umum,  Asesment.  Selain itu PMI Banjarnegara bersama BPBD, dan Dinsos sedang mempersiapkan pembangunan akses jamban sehat untuk ditempatkan di lokasi pengungsian. **alw

Dipublish Oleh : Infokom PMI Jateng