header-int

Keterpercayaan PMI Batang Meningkat

Jumat, 05 Jan 2018, 13:43:02 WIB - 135 View
Share
Keterpercayaan PMI Batang Meningkat

BATANG- Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Batang terus mendapat kepercayaan dari masyarakat dan berbagai elemen. Tidak hanya di level lokal dan nasional, tapi juga dalam skala internasional. Itu ditandai dengan berbagai pencapaian yang dilakukan PMI Batang. Dalam pengumpulan bulan dana PMI misalnya, dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan.

Untuk tahun 2017, PMI Batang berhasil mengumpulkan Rp 1.083.873.941 dalam kegiatan bulan dana yang dilakukan. Angka tersebut naik 4,50?ri tahun sebelumnya. ''Kami mengucapkan terima kasih pada seluruh komponen di Kabupaten Batang yang telah berpartisipasi secara aktif dalam bulan dana PMI sehingga bisa terkumpul Rp 1.083.873.941.

Uang tersebut akan kami gunakan untuk berbagai program kemanusiaan,'' ujar Ketua PMI Batang, Achmad Taufiq, kemarin. Tidak hanya bulan dana, berbagai program yang dikerjakan PMI juga berhasil direalisasi dan mendapat apresiasi. Untuk program Pengurangan Risiko Terpadu Berbasis Masyarakat (Pertama) Wilayah Pesisir 2015-2017, PMI Batang mendapat apresiasi langsung dari pusat.

Program kerjasama antara PMI dengan American Red Cross atau PMI Amerika Serikat ini dinilai berhasil karena tepat waktu dan tepat manfaat. ''PMI Batang dinilai sukses melaksanakan program pengurangan resiko bencana, memperkuat ketahanan sosial, mengatasi masalah sosial serta mendorong kesejahteraan masyarakat. Selain itu, dari segi organisasi dan sumber daya manusia, PMI Batang bersama relawan serta masyarakat dinilai bisa membangun sinergi,'' kata Taufiq.

Dari program Pertama, PMI Batang bisa menanam 50 ribu pohon mangrove dan 5 ribu pohon cemara dan pohon-pohon tersebut hidup. Program yang dilaksanakan di Karangasem Utara dan Klidang Lor ini juga berhasil direplikasi di desa-desa lainnya. PMI Batang juga sudah bisa mengembangkan mata pencaharian alternatif untuk program Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) di dua desa tersebut dengan adanya mangrove education center. Selain itu, akan ada bantuan dari PT Bhimasena Power Indonesia (BPI) untuk pembangunan toilet dan pengadaan buku-buku perpustakaan.

''Dari program Pertama, kita juga buat drainase dalam mitigasi skala kecil di Klidang Lor dan pembangunan talut di Karangasem Utara. PMI juga bisa mereplikasi program Pertama tersebut di dua desa lain yakni Ujungnegoro dan Kedungsegok kerjasama dengan PTBPI. Di dua desa tersebut, ada program pembuatan domplot tanaman serta penanaman vegetasi pantai berupa 12 ribu mangrove dan 3 ribu cemara,'' ujarnya.

Bedah Rumah

Rencananya di 2018, PMI meneruskan program Pertama dan melakukan penambahan replikasi di satu desa bekerjasama dengan PT Toyota. Itu artinya, PMI terus mendapat kepercayaan dari perusahaanperusahaan dalam melaksanakan programnya. Taufiq melanjutkan, di 2017, PMI Batang juga melaksanakan program guna membantu pemerintah dalam pengentasan kemiskinan dengan bedah rumah tidak layak huni (RTLH).

Bedah rumah dilakukan pada warga yang benar-benar tempat tinggalnya tidak layak untuk dihuni. ''Program ini dilakukan dimana di setiap kecamatan ada satu rumah yang dibantu bedah rumah. Program ini akan dilanjutkan di tahun 2018. Rencananya, di setiap kecamatan, akan ada dua rumah yang dibantu bedah rumahnya oleh PMI,''.

Terkait pelayanan darah, PMI Batang juga terus berupaya meningkatkan pelayanan sesuai dengan standar internasional melalui unit transfusi darah (UTD). Saat ini, permintaan akan kebutuhan darah di PMI Batang terus meningkat. Permintaan darah ini tidak hanya dari Batang saja, tapi juga dari daerah tetangga, Pekalongan.

''Kami mengucapkan terima kasih pada masyarakat yang mendukung program penyediaan darah untuk kemanusiaan melalui PMI Batang. Kami juga terus meningkatkan pelayanan darah melalui peningkatan kualitas peralatan, sumber daya manusia dan teknologi yang digunakan,'' ujar Kepala UTD PMI Batang, dokter Bekti Mastiadji

Unidha PMI Provinsi Jawa Tengah | Jl. Arum Sari Rt. 11 Rw. 02 Sambiroto-Semarang Kode Pos 50276 | Telp. 024-76746733 Fax. 024-50276 | Email : pmi@pmi-jateng.or.id | jawa_tengah@pmi.or.id
© 2018 PMI Jawa Tengah