KEBUMEN LAKSANAKAN PENGIMBASAN FASILITATOR

SHARE

KEBUMEN - Ditengah pandemi Covid-19, PMI Kabupaten Kebumen terus meningkatkan kualitas relawannya, salah satunya dengan melaksanakan diklat fasilitator untuk kegiatan palang merah remaja. Diklat yang  yang dilaksanakan pada awal agustus 2021 diikuti 30 peserta dari unsur korps sukarela dan tenaga sukarela dengan fasilitator dari PMI Jawa Tengah. Kegiatan diklat fasilitator PMI Kebumen merupakan program yang mendapatkan dukungan dari Palang Merah Jepang (JRCS) . Setelah diklat selesai, dilanjutkan dengan melaksanakan tugas terakhir berupa pengimbasan di unit PMR yang telah dipilih oleh panitia. Sebanyak 15 unit PMR tingkat Mula, Madya dan Wira telah dilatih oleh calon fasilitator sesuai waktu yang disepakati antar unit PMR dan fasilitator. 

Pengimbasan di ikuti sekitar 20 sampai dengan 40 siswa dan pembina di masing-masing unit PMR dipandu oleh 2 orang fasilitator. Materi pengimbasan berupa pengenalan kepalangmerahan, tujuh materi pokok kepalangmerahan, permainan dan diakhiri praktek penanganan luka.

Niken, Pembina PMR SMK Maarif 5 Gombong menyampaikan terima kasih yang sebesar besarnya kepada PMI Kebumen yang telah menugaskan 2 fasilitatornya untuk memberikan fasilitasi di sekolah kami pada hari ini, Jum'at 15 Oktober 2021, dimana telah 1,5 tahun kegiatan PMR lebih banyak dilaksanakan secara daring sejak adanya pandemi dan ini sangat menyenangkan.

“Kegiatan pengimbasan ini telah memberikan materi awal bagi anggota PMR ditempat kami, setelah 1.5 tahun belum pernah mengikuti kegiatan PMR. Anak-anak senang mengikuti kegiatan, walau pada awalnya masih ada rasa canggung” kata Niken Kusuma Astuti, Pembina SMK Maarif 5 Gombong

“Pengimbasan ini telah memberikan pengalaman dan ilmu baru dalam mendampingi anggota PMR berkegiatan. Kegiatan kami kemas dengan model Fun Learning, Learning By Doing dan spider web serta diselingi dengan ice breaking sehingga siswa tidak bosan”terang Wiwin, salah satu calon fasilitator kegiatan.

“Tujuan dari pengimbasan fasilitator ini untuk memberikan bekal awal bagi calon fasilitator PMI kabupaten Kebumen untuk membantu dan mendampingi kegiatan-kegiatan kepalangmerahan di masing-masing unit PMR dan sebagai syarat untuk mendapatkan sertifikat fasilitator PMI” jelas Dian Ariyanto, selaku fasilitator kegiatan pengimbasan.

Dipublish Oleh : Infokom PMI Jateng