FIRST AID TRAINING FOR COMPANY-PERTAMINA RDMP RU IV CILACAP

SHARE

Cilafap, - Dalam rangka Bulan K3, para pekerja Pertamina RDMP RU IV Cilacap mengikuti Pelatihan Pertolongan Pertama bertempat di HO Pertamina RDMP RU IV Cilacap pada Senin - Selasa, 15 - 16 Februari 2021 dari pagi hingga sore menjelang.

Peserta yang berjumlah sekitar 40-an pekerja, dibagi menjadi 2 gelombang, yaitu Batch 1 pada Senin, 15 Februari 2021 sedangkan Batch 2 pada Selasa, 16 Februari 2021.

Pelatihan Pertolongan Pertama (PP) ini dipandu oleh Tim Fasilitator PMI Kabupaten Cilacap, yang terdiri dari 4 (empat) orang, yaitu :
1. Yuwono Adi - Staf Markas
2. R. Endro Teguh Kusumo - Staf Markas
Dibantu oleh :
1. Kurnia Permana - KSR PMI Unit Markas
2. Ellok Krisna Pujiantoro - KSR PMI Unit STT Migas Cilacap

Adapun materi yang diberikan teori dan praktek PP yang terdiri dari :
1. Dasar-dasar PP
2. Penilaian :
2a. Penilaian Keadaan
2b. Penilaian Dini
2c. Pemeriksaan Fisik
2d. Riwayat Penderita
2e. Pemeriksaan Berkala/Lanjut
2f. Pelaporan
3. Pendarahan
4. Cedera Jaringan Lunak (CJL)
5. Cedera Sistem Otot dan Rangka (CSOR)
6. Cedera Alat Gerak (Cagub)
7. Luka Bakar (Combutio)
8. Keracunan
9. Evakuasi (Pemindahan Penderita)

Metode pelatihan disampaikan dengan peragaan oleh fasilitator dan dipraktekkan oleh para peserta yang tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan COVID-19 dari awal pertemuan hingga akhir acara.

Kegiatan akan berlanjut dengan akan diadakannya lomba Penanganan Pertolongan Pertama bagi para Pekerja Pertamina RDMP RU IV Cilacap yang akan diselenggarakan pada Senin, 22 Februari 2021 dengan Juri yang berasal dari  PMI Kabupaten Cilacap. Peserta akan dibagi menjadi beberapa kelompok, dimana  setiap kelompoknya terdiri dari 4 (empat) orang yang akan berbagi tugas sebagai Pelaku PP Utama sekaligus Narator dan selebihnya membantu proses penanganan penderita sesuai kasus yang diberikan oleh Juri. Bagi para pemenang, tersedia hadiah menarik dari panitia [END].

Bangga menjadi Penolong Pertama

PMI Kabupaten Cilacap

Dipublish Oleh : Infokom PMI Jateng