header-int

DIKLAT SSB PMR WIRA SMAN 1 ROWOKELE

Selasa, 28 Nov 2017, 09:54:00 WIB - 33 View
Share
DIKLAT SSB PMR WIRA SMAN 1 ROWOKELE

PMR Wira SMA Negeri 1 Rowokele mengadakan kegiatan diklat sehari Sekolah Siaga Bencana (SSB) pada hari Sabtu, (18/11/2017) yang berlokasi di SMA Negeri 1 Rowokele. Kegiatan ini diikuti oleh 50 peserta, yang terdiri dari anggota PMR Wira SMA Negeri 1 Rowokele, perwakilan OSIS dan sub organisasi yang terdiri dari PASKHAS, PKS, Pramuka, dan Rohis.

Diklat SSB ini menghadirkan narasumber dari PMI Kabupaten Kebumen yaitu M. Muslim Mustofa, S.PdI dan Rizky Prasetya. Kegiatan ini dimulai dengan upacara pembukaan  dilanjutkan penyampaian materi berupa materi tentang bencana serta praktek cara-cara menyelamatkan korban, dan diselingi dengan ice breaking sehingga para peserta tidak merasa bosan dalam mengikuti acara ini.

Pada waktu shollat dzuhur, peserta melaksanakan shollat berjamaah dilanjutkan makan siang bersama, setelah itu peserta melakukan simulasi bencana gempa bumi. Peserta membagi peran menjadi korban, evaluator, petugas lapangan dan penolong. Dalam simulasi ini, peserta disituasikan berada didalam kelas, yang kemudian secara tiba-tiba terjadi gempa bumi, kemudian peserta melaksanakan perannya masing-masing. Simulasi diakhiri dengan evaluasi oleh narasumber.

Pelatihan sekolah siaga bencana ini berakhir, peserta pun merasa senang mengikuti kegiatan ini karena mereka mendapat banyak ilmu yang menambah wawasan mereka mengenai siaga bencana.

“Aku baru pertama kali mengikuti acara diklat SSB, menurutku acara ini seru walaupun melelahkan karena aku jadi tahu bagaimana sih cara menangani luka-luka atau menangani korban bencana yang mungkin bisa terjadi disini, ya mungkin gak hanya gempa tapi juga banjir dan segala macam walaupun tadi gak disampaikan tetapi sempat disinggung sedikit, intinya acara ini jadi pengalaman maksudnya aku jadi paham gimana cara menangani korban sampai-sampai dikasih kartu-kartu gitu, pokoknya seru deh” ujar Farsdissa selaku Ketua Osis sekaligus peserta diklat SSB.

Unidha PMI Provinsi Jawa Tengah | Jl. Arum Sari Rt. 11 Rw. 02 Sambiroto-Semarang Kode Pos 50276 | Telp. 024-76746733 Fax. 024-50276 | Email : pmi@pmi-jateng.or.id | jawa_tengah@pmi.or.id
© 2017 PMI Jawa Tengah