Darah anda, nyawa bagi yang membutuhkan

SHARE

Kebumen – "Darah anda, nyawa bagi yang membutuhkan" Tag Line tersebut memiliki makna yang sangat mendalam. Mengajak ke siapa pun untuk mendonorkan darah. Terkait dengan hal tersebut, SMK Negeri 1 Puring, Kebumen Jawa Tengah rutin setiap 3 bulan sekali mengadakan donor darah di sekolah.

Seperti pada hari Rabu (5/2) kemarin, Sekolah yang juga dikenal dengan nama SMK Pelayaran ini juga melaksanakan agenda rutin 3 bulan yaitu Donor Darah yang diikuti oleh Siswa, Guru dan Karyawan.

6 Petugas dari Unit Donor Darah PMI Kebumen yang dipimpin oleh M.Dulqoful staf urusan P2D2S memberikan pelayanan donor darah kepada siswa, guru dan karyawan SMK Negeri yang berada di Desa Tambakmulyo Kecamatan Puring.

Mengawali kegiatan, calon pendonor terlebih dahulu diperiksa kelayakannya. Utamanya kesehatan fisik, kesehatan darah, dan golongan darahnya. Sehingga diharapkan darah yang diperoleh dari calon pendonor nantinya benar-benar darah yang sehat dan aman bagi resipien.

Drs Eddy Nugroho,M.Eng, Kepala SMK N 1 Puring mengatakan, kegiatan ini adalah aksi sosial yang menyasar warga sekolah itu untuk melatih kepedulian terhadap sesama, terutama siswa. Donor darah menjadi kegiatan rutin di sekolah yang dipimpinnya.

“Donor darah ini merupakan agenda rutin sekolah kami, dimana setiap 3 bulsn sekali sekolah kami melaksanakan donor darah. Harapannya siswa yang telah mendonorkan darahnya akan menjadi pendonor darah sukarela yang rutin mendonorkan darahnya, baik di Kebumen maupun di luar Kebumen” ungkapnya.

"Kegiatan ini sangat baik dan harus terus dilaksanakan, karena selain memupuk jiwa kepedulian kepada siswa, juga sebagai sarana untuk cek kesehatan darah kita dari 4 virus yang akan diperiksa di PMI dan lebih ekstrem lagi saya merasakan jarang sakit setelah rutin donor" kata Alimudin Abdullah, salah satu guru yang telah mendonorkan darahnya lebih dari 10 Kali

Para siswa sangat antusias mengikuti acara donor darah yang memang digelar rutin di SMK N 1 Puring ini. “Sangat senang dan bangga bisa mendonorkan darah, dengan harapan darah saya bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan" kata Toti Kurnia Sandi, siswa yang mempunyai golongan darah AB dan telah mendonorkan darahnya sebanyak 4 kali

“Dari hasil pemeriksaan, ada 90 kantong darah diperoleh pada pelaksanaan donor kali ini dari 115 orang yang diperiksa” kata M. Dulqoful, dari UDD PMI Kebumen.

Dulqoful menilai respon siswa terhadap kegiatan ini sangat bagus. Meskipun ada beberapa yang belum memenuhi syarat sebagai pendonor. Dia berharap bagi yang belum menjadi pendonor darah, setelah melihat dan mendengar teman lain ke depannya bisa menjadi pendonor darah sukarela.

"Semoga menjadi pemicu sekolah lain untuk juga melaksanakan kegiatan donor darah rutin" pungkasnya. (pur)

Dipublish Oleh : Infokom PMI Jateng