header-int

BERBAGI KESIAPSIAGAAN TERHADAP BENCANA DENGAN ANAK ANAK PERBATASAN KEBUMEN - BANJARNEGARA

Selasa, 30 Jan 2018, 10:22:59 WIB - 141 View
Share
BERBAGI KESIAPSIAGAAN TERHADAP BENCANA DENGAN ANAK ANAK PERBATASAN KEBUMEN - BANJARNEGARA

95 siswa SD Negeri Selogiri 1 dan 153 siswa SD Negeri Selogiri 4 UPT Dinas Pendidikan Unit Kecamatan Karanggayam mendapatkan fasilitasi kesiapsiagaan terhadap bencana khususnya gempa bumi dari Fasilitator PMI Kabupaten Kebumen. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 27 Januari 2018 bertempat di SD Negeri 1 dan 4 Selogiri yang merupakan salah satu desa di Kecamatan Karanggayam yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Banjarnegara, dengan Fasilitator Mursyid Itsnaini, Imam Subekti dan Ikhwanudin untuk SD Negeri 1 serta Rizki Prasetiya, Panca Pratama dan Aditya Pratama untuk SD Negeri 4 Selogiri. 

Untuk menuju tempat kegiatan dibutuhkan waktu lebih kurang 1,5 Jam, karena arak lebih yang ditenpauh cukup jauh lebih kurang 35 km dari pusat ibu kota kabupaten kebumen serta jalan yang cukup membuat adrenalin naik. Kegiatan ini adalah kerja bareng antara Komunitas Kebumen Mengajar dengan PMI Kabupaten Kebumen. Kegiatan dimulai pada pukul 8.00 dan dibuka oleh Kepala Sekolah dan selanjutnya Komunitas Kebumen Mengajar memberikan materi dengan bernyanyi dan tepuk tangan serta mengajak siswa untuk melaksanakan PHBS, dan untuk fasilitator dari PMI dimulai pada pukul 10.00 dengan diawali dari perkenalan Fasilitator PMI yang diteruskan pemberian materi. Di kedua sekolah tersebut Fasilitator PMI memberikan materi tentang kebencanaan, dari pengertian bencana, jenis-jenis bencana, penyebab bencana serta apa yang sebaiknya dilakukan saat  bencana terjadi. Untuk materi yang difokuskan adalahi bencana gempa bumi yang memang umum terjadi baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Setelah pemberian materi, anak-anak diberikan lagu "Kalau Ada Gempa" yang didengarkan dan dinyayikan serius dan antusias khas anak-anak.  

Pada kegiatan simulasi anak anak begitu antusias mengikuti arahan dari Fasilitator PMI dan KakaKakak dari Komunitas Kebumen Mengajar. Para siswa melakukan apa yang telah mereka pelajari bersama dengan fasilitator pada sessi sebelumnya  

“Kegiatan ini sebagai bekal bagi para siswa untuk kesiapsiagaan bencana yang akhir akhir ini terjadi dan sangat sangat berguna bagi siswa dan lingkungan sekolah, dan sekolah ini berada daerah terluar dari Kabupaten kebumen yang jarang jarang mendapatkan materi tentang kesiapsiagaan bencana. Selain itu untuk menanamkan rasa percaya diri kepada para siswa” terang Mislam,S.Pd selaku  Kepala SD negeri 4 Selogiri. 

Unidha PMI Provinsi Jawa Tengah | Jl. Arum Sari Rt. 11 Rw. 02 Sambiroto-Semarang Kode Pos 50276 | Telp. 024-76746733 Fax. 024-50276 | Email : pmi@pmi-jateng.or.id | jawa_tengah@pmi.or.id
© 2018 PMI Jawa Tengah