Antisipasi Musim Penghujan, PMR SMP N 1 Klirong Lakukan Aksi Bersih - Bersih Kali Sentul

SHARE

256 anggota PMR SMP N 1   Klirong melaksanakan bersih - bersih Kali Sentul yang mengalir dari utara ke selatan membelah Desa Klirong, Minggu (27/10).  "Kegiatan aksi bersih-bersih aliran Kali Sentul ini adalah langkah nyata anggota PMR dalam melaksanakan Tri Bakti PMR untuk antisipasi musim hujan, yang pada awal tahun 2019 ini sungai ini sempat meluap dan menggenangi beberapa rumah warga" Ujar Nurkhamimah Pembina PMR SMP Negeri 1 Klirong saat mendampingi anak anak PMR dalam aksi bersih kali.

Anggota PMR SMP Negeri 1 Klirong bahu membahu membersihkan sampah khususnya plastik serta dahan dan ranting yang menghalangi aliran air Kali Sentul. Para anggota PMR yang melaksanakan aksi bersih Kali Sentul ini membawa perlengkapan sabit, cangkul, kayu, sapu lidi dan tas plastik. Mereka lantas memungut sampah yang mengotori Kali Sentul.  "Lewat kegiatan ini, kami berharap warga di daerah bantaran Kali Sentul ini yang pada awal tahun 2019 ini sempat meluap dapat turut serta menjaga lingkungannya agar bila musim hujan datang aliran air tidak terhambat yang dapat memicu meluapnya air dan banjir.

Selain aksi bersih - bersih kali sentul anggota PMR juga melaksanakan pemberian bantuan sembako untuk warga kurang mampu yang berada di sekitar lingkungan sekolah.

"PMR mempunyai kegiatan yang positif dan bervariatif di dalam bermasyarakat, seperti pada hari ini (27/10) di mana PMR tingkat SMP mempunyai kepedulian terhdap lingkungan berupa aksi bersih - bersih Kali Sentul dan Pemberian bantuan sembako bagi warga yang kurang mampu yang berada di lingkungan sekolah, maka harus kita dukung dan kita berikan perhatian"  ujar Bambang Widadi Kepala SMP Negeri 1 Klirong yang juga Pengurus PMI Kabupaten Kebumen.

Dalam era milenial ini kita harus sering sering mengadakan kegiatan yang menggabungkan kegiatan sekolah dengan kegiatan masyarakat sehingga pengamalan  Tri bakti PMR dapat dilaksanakan dengan baik efektif dan efisien sehingga era milenial seperti ini dapat berkontribusi bagi kehidupan di masyarakat, tambah Bambang

"Bangga rasanya kami anggota PMR dapat membantu sesama  menjadikan anggota PMR semangat dalam setiap kegiatan PMR" kata Devi salah satu peserta aksi bersih kali sentul dan juga anggota PMR Madya.

Kegiatan peduli lingkungan baik bersih - bersih Kali Sentul dan Pembagian Sembako bagi warga kurang mampu yang berada di lingkungan sekolah dilaksanakan dalam rangka Pengukuhan Anggota Baru PMR Madya SMP Negeri 1 Klirong (Muhamad Muslim Mustofa, TSR PMI Kebumen 0813-2690-0415)

 

Dipublish Oleh : Kontributor