PMI Kabupaten Batang Targetkan Bulan Dana PMI Tahun 2019 Sebesar 1,2 miliar

SHARE

Palang Merah Indonesia (PMI ) Kabupaten Batang mencanangkan peningkatan target bulan dana PMI untuk 2019 naik 4,45% sebesar Rp1,2 miliar dari tahun lalu hanya senilai Rp1,17 miliar.

Ketua PMI Cabang Batang Achmad Taufiq mengatakan gerakan pengumpulan sumbangan bulan dana PMI selalu memunculkan dampak  positif, peran aktif  stakeholders menumbuhkan semangat partisipatif  masyarakat Batang dalam mensosialisasikan gerakan ini

“Kepercayaan masyarakat terhadap PMI semakin meningkat, terbukti bulan dana tiap tahunnya selalu meningkat. Pertanggung jawab atas penggunaan keuanganya diaudit akuntan publik yang independen,” ujar Taufiq didampingi Ketua Umum bulan dana PMI Batang seusai pencanangan Bulan Dana PMI  di Aula Kantor Bupati, Kamis (29/08).

Menurutnya, dalam hal mobilisasi dana masyarakat melalui program bulan dana PMI, pada 2018 PMI Batang berada di peringkat 12 untuk tingkat Jateng dan peringkat ke-4 untuk wilayah se-eks  Karisidenan Pekalongan.

Prestasi ini, lanjutnya, harus terus ditingkatkan, para  pengurus PMI Cabang Batang selalu  meminta bantuan dari betbagai pihak untuk menyukseskan bulan dana PMI 2019 selama tiga bulan mulai dari Agustus hingga Oktober 2019.

Dia menambahkan hasil sumbangan bulan dana PMI ini sepenuhnya dikembalikan kepada masyarakat melalui kegiatan-kegiatan yang bersifat rutin dan wajib untuk dilaksanakan maupun kegiatan khusus dia antaranya meliputi peningkatkan kapasitas organisasi, penanganan bencana, Pembinaan PMR Guru Sekolah dan Pembinaan relawan melalui penugasan-penugasan kegiatan sosial kemanusiaan.

Selain itu, tutur Taufiq, juga pelayanan ambulance khusus bagi warga rentan sosial dan pengiriman relawan atau Palang merah Remaja ditingkat Provinsi.

“Kita juga memiliki kegiatan khusus berupa pemberian bantuan rumah tidak layak huni (RTLH) sebanyak 30 rumah, pengurangan risiko bencana melalui gerakan Siaga Bencana berbasis masyarakat (Sibat) dan merintis desa siaga bencana di Bawang dan Gerlang Kecamatan Blado,” tuturnya

Wakil Bupati Batang Suyono mengapresiasi kegiatan PMI Batang dalam kegiatan sosialnya, PMI memberikan pertolongan sesuai kebutuhan masyarakat.

“Bedah RTLH PMI merupakan ekspansi kegiatan sosial yang sangat membantu Pemerintah dalam penanggulangan kemiskinan,” ujarnya.

Menurutnya, PMI Kabupaten Batang sangat responsif sekali dan cepat dalam pertolongan penanggulangan bencana, hal tersebut terlihat ketika ada bencana PMI terdepan dalam memberikan bantuan. (tingtong)

Dipublish Oleh : Infokom PMI Jateng