Selasa, 16 April 2013 - 08:56:40 WIB
PMI Gelar Pelatihan Penyusunan RenKon
Diposting oleh : Humas PMI Jateng
Kategori: Info PMI Provinsi - Dibaca: 289 kali

Salah satu tugas pokok PMI adalah penanggulangan bencana dan PMI bertugas dalam siatuasi darurat. Disampaikan H. Sasongko Tedjo, SE, MM, Ketua Pengurus PMI Provinsi Jawa Tengah saat membuka Pelatihan Kontinjensi PMI Jawa Tengah, senin (15/4).

“Banyaknya bencana yang terjadi, menuntut PMI untuk memiliki SOP maupun rencana kontinjensi,” katanya didepan 35 orang peserta yang merupakan unsur staf PB dari 35 PMI kabupaten-kota di Jawa Tengah. PMI punya kompetensi dan spesialisasi dalam penanganan bencana, dan tidak kalah dengan organisasi lain, tandasnya.

Tujuan pelatihan ini untuk meningkatkan pengetahuan dalam menyusun rencana kontinjensi. “Pelatihan ini diharapkan dapat menciptakan sumber daya manusia PMI yang terampil dalam penyusunan rencana kontinjensi,” terang Maduseno Widyoworo, SH, M.Si, pengurus bidang PB dalam laporannya.

Pemerintah telah mengeluarkan instruksi kepada seluruh provinsi dan kabupaten-kota untuk memiliki rencana kontijensi sesuai dengan ancaman spesifik di daerah. “Jawa Tengah memiliki beragam bencana, PMI Provinsi Jawa Tengah mengharapkan masing masing PMI Kab/kota memahami dan mampu membuat rencana kotijensi khususnya bidang bencana,” sambung Dwi Handoko Wibisono, Kadiv Penanggulangan Bencana PMI jateng.

Dengan adanya rencana kontinjensi, PMI dapat melaksanakan kegiatan PB secara terarah dan terkoordinasi. Sehingga peran PMI dalam penanganan bencana dapat efektif dan tepat sasaran, harap Handoko yang juga pelatih dalam kegiatan yang dilaksanankan hingga 20 April mendatang.(07)




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)